Macam – macam Pekerjaan Di Bidang Penerbangan

Mungkin banyak yang belum mengerti dunia penerbangan secara keseluruhan. Mereka beranggapan dunia penerbangan hanya ada pilot, pramugari dan engineer, namun sesungguhnya sangat banyak sekali orang-orang yang bekerja dibidang penerbangan. Untuk bekerja diarea bandara tentunya harus memiliki ketrampilan khusus untuk menunjang mobilitas dilapangan. Pastinya sebelum terjun kelapangan ada pelatihan – pelatihan untuk menujang pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa pekeerjaan dibidang penerbangan:

  1.  Pilot

Dari beberapa pekerjaan dibidang penerbangan pilot yang paling dikenal banyak orang. Karena bukan sembarang orang yang bisa menerbangkan benda besar yang bernama pesawat. Tugas utama dari pilot adalah mengendalikan pesawat dari take off hingga landing. Untuk menjadi pilot tentunya harus memenuhi persyaratan yang berlaku.

  1. Flight Attendant / Pramugari

Mayoritas Flight Attendant adalah seorang perempuan yang disebut juga pramugari, namun ada juga seorang laki-laki yang disebut pramugara. Tugas utama dari Flight Attendant adalah mendampingi para penumpang dan membantu keperluan penumpang didalam pesawat.

  1. ATC (Air Traffic Controller)

Air traffic controller (ATC) bertugas mengatur lalu lintas udara baik diruang udara maupun di area airport. ATC juga disebut polisi udara karena dia berhak memberikan izin terbang atau mendaratnya pesawat. Area kerja ATC dibagi menjadi tiga diantaranya adalah Area Control Tower, Approach Cntrol Office, Area Control Center.

  1. AME (Aircraft Maintenance Engineer)

Aircraft Maintenance Engineer adalah orang yang bertugas merawat pesawat dan bertanggung jawab untuk memastikan pesawat terbang beroperasi dengan benar dan aman. Ketika ada permasalahan tentang engine pesawat maka seorang AME yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan itu. Pekerjaan yang dilakukan di pesawat harus dicatat di aircraft maintenance log book. Semua pekerjaan dari AME harus berdsarkan pada dokumen yang resmi (approved manual). AME juga harus melampirkan apakah ada MEL (Minimum Equipment List) yang berfungsi sebegai informasi apakah pesawat layak terbang atau tidak.

  1. FOO (Flight Operation Officer)

Flight Operations Officer atau bisa juga disebut “The Captain On Ground”. Seorang FOO memiliki tugas Bertanggung jawab atas keamanan dan persiapan operasional dan pengendalian penerbangan. Mengumpulkan dan menganalisis informasi yang relevan mengenai rencana penerbangan, laporan, dan dokumentasi informasi mengenai rute penerbangan. Seorang FOO harus memiliki lisensi karena didalam pekerjaan ini harus memiliki kemampuan yang mumpuni.

  1. Marshaller

Marshaller adalah seorang yang memberikan aba-aba atau komando kepada pilot untuk memakirkan pesawatnya ketika pesawat sedang berada didarat. Marshaller biasanya bertugas dihanggar dan parking stand yang berada di apron.

  1. Check In Counter

Check in Counter adalah tempat melopnya penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan.

You May Also Like

About the Author: SMK Penerbangan Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *